Sabtu, 03 Mei 2014



seperti yang kita tahu Sosmed termasuk Facebook didalamnya akan menjadi senjata bermata dua, menguntungkan bagi kita dan dapat merugikan, secara pribadi bukan sekali dua kali saya melihat pertengkaran dan sakit hati terjadi karena urusan ini,  saya akan jabarkan kira – kira seperti ini peristiwa yang menurut saya menjadi gambaran kerugian dan keuntungan dari hal ini :

Bertengkar tentang postingan Foto

Suatu saat kantor kami mengadakan rapat dengan pimpinan, tentu rapat yang kadang – kadang membosankan ini membuat beberapa teman ngantuk dan hampir tertidur, momen yang memalukan ini sempat diambil oleh teman yagn lain dengan kamera HP, beberapa detik kemudian foto itu sudah ada di Facebook dengan tag dari teman sekantor untuk dirinya, setelah sadar dan melihat postingan itu, pertengkaran pun terjadi, dan sampai sekarang hubungan mereka tidak pernah akur akibat hal itu, sudah pasti salah seorang dari mereka akan mendelete pertemanan yang lain.

Bertengkar mengenai Postingan Status

“Rapat yang membosankan”, begitu kalimat postingan status pendek dari seorang teman, namun bagaimana kalau postingan ini sampai terdengar ke pimpinan yang memimpin rapat sesudah rapat ?, kejadian yang tidak menyenangkan akan terjadi, siapa yang melaporkan tidak ada yang tahu, karena begitu banyak yang menjadi teman di Facebook, dan cap sebagai tukang nyinyir akan mendarat gratis di dahi kita dari pimpinan, waduh…

Foto Pribadi digosipkan di Kantor?

Pernah suatu kali seorang teman berlibur ke luar negeri, tentu bersama keluarganya, postingan foto sewajar orang berlibur pasti menjamur di FB si teman ini, namun tanpa disadari hal ini akan menjadi pembicaraan yang tidak menyenangkan di kantor, berlagak seperti orang kayalah, bekerja tidak becus jalan – jalan terus saja, dan ungkapan – ungkapan hal lain, beberapa sindiran yang sebenarnya positif tapi juga terasa sakit di hati.

Namun tentu saja ada keuntungan – keuntungan yang kita dapat ketika berteman dengan teman kantor di facebook :

Mendapat update kegiatan di Kantor secara cepat

Mempunyai teman yang hobby untuk melaporkan kegiatan – kegiatan di kantor yang sedang berlangsung maupun yang akan berlangsung menjadi keuntungan sendiri, apalagi kantor kita terdiri dari bidang – bidang yang cukup banyak, beberapa kebijakan kantor dan pengumuman dari kantor dengan cepat bisa kita dapatkan dari teman dengan jenis seperti ini…hehehe

Kalau mau ijin bisa lewat Facebook..hehehe

Ada beberapa teman yang memilih berteman di FB daripada memiliki nomer Handphone nya, atau apabila nomer handphone teman kantor hilang, nah ini menjadi media alternatif terbaik,pecah ban di jalan dan terlambat masuk kantor, nah media ini bisa digunakan lho untuk memberitahu dan meminta ijin…hehhehe.

Dari keuntungan dan kerugian ini, saya pikir ada beberapa hal yang bisa dipikirkan sebelum menjadikan teman kantor menjadi teman di Facebook :

1. Kenali mereka dahulu dalam keseharian mereka, apabila ada teman kantor yang memang suka bergosip tentang teman sekantor, jadikan dia sebagai black list anda,hehehe, prioritas terakhir kalau harus berteman di Facebook.

2. Namun kalau terpaksa karena tidak enak hati, anda bisa mensetting FB dalam relasi dengan teman kantor anda tersebut, sehingga walaupun menjadi teman dia tetap akan terbatas melihat postingan – postingan kita di Facebook.

3. Sedikit merepotkan namun ada beberapa teman yang membuat dua akun, satu akun khusus pribadi satu akun khusus dengan teman - teman kantor, hehehe…..

4. Jika anda lagi memulai menjalin relasi mendalam dengan seorang teman kantor, wahh..jangan sekali – kali mengungkapkan kemesraan kalian lewat FB apabila ada teman kantor yang menjadi teman anda, kalau tidak..tahu sendirilah..hehehe

Akhirnya seringkali hal ini tergantung dari kedewasaan kita dalam memposting sesuatu sehingga poinnya bukan di psotingan tersebut namun cara berpikir kita sebelum memposting hal tersebut, dan tentunya kedewasaan kita ketika merespon postingan orang lain, jika itu sudah kita pahami, jangan kuatir…let’s fun with facebook…heheheh,, salam…

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © My Country - Skyblue - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -